Sejarah Kerajaan Kutai : Raja Yang Memimpin Kerajaan Kutai

Diposting pada

Sejarah Kerajaan Kutai : Raja Yang Memimpin Kerajaan Kutai – Apakah anda tahu mengenai Kerajaan Kutai? Mungkin hal pertama yang terlintas di benak anda adalah ia merupakan sebuah kerajaan yang berlokasi di Kartanegara, Kalimantan Timur. Namun sebenarnya lebih daripada itu dimana Kerajaan Kutai merupakan salah satu kerajaan terbesar pada waktu itu.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan yang lebih lengkap mengenai seperti apa sejarah Kerajaan Kutai yang nantinya akan kami bagi ke dalam beberapa poin untuk memudahkan anda di dalam mempelajari dan juga memahami mengenai kerajaan tersebut.

Sejarah Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai atau yang juga disebut dengan Martadipura merupakan sebuah kerajaan Hindu paling tua yang pernah ada di Indonesia dimana kerajaan ini diperkirakan sudah ada sejak sekitar abad ke 5 Masehi.

Kerajaan Kutai berlokasi di Kalimantan Timur, yakni lebih tepatnya berlokasi tidak jauh dari Tenggarong dan juga Sungai Mahakam.

Adapun nama dari Kerajaan Kutai itu sendiri diambil dari sebuah prasasti yang ditemukan pada waktu itu karena memang pada dasarnya informasi yang berhubungan dengan Kerajaan Kutai cenderung tidak terlalu banyak.

Namun sebenarnya sudah banyak ahli sejarah yang memperoleh informasi berkaitan dengan Kerajaan Kutai dengan berdasarkan temuan prasasti atau yupa yang berjumlah kurang lebih 7 buah.

Informasi yang didapatkan dari yupa yang menggunakan bahasa sansekerta dan huruf pallapa tersebut menjelaskan mengenai Kerajaan Kutai dengan berdasarkan aspek ekonomi, sosial, politik, maupun juga budaya.

Selain itu, pada prasasti tersebut juga telah dijelaskan bahwa raja pertama yang memimpin Kerajaan Kutai adalah Kudungga yang kemudian ia dikaruniai seorang putera yang bernama Asamwarman yang mendapat julukan sebagai Wamsakerta atau pemberntuk keluarga.

Kemudian, setelah Asamwarman meninggal, Kerajaan Kutai dipimpin oleh Raja Mulawarman. Perlu anda ketahui juga bahwa sebenarnya penggunaan istilah Asamwarman mengindikasikan bahwa kerajaan tersebut sudah terpengaruh oleh ajaran Hindu dan juga menunjukkan bahwa raja-raja yang memimpin Kerajaan Kutai merupakan orang Indonesia asli yang menganut ajaran agama Hindu.

Raja-raja yang Memimpin Kerajaan Kutai

Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda semuanya mengenai siapa saja nama-nama raja yang pernah memimpin Kerajaan Kutai dari waktu ke waktu.

  1. Maharaja Kudungga

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa berdasarkan prasasti yang ditemukan menjelaskan bahwa raja yang pertama kali memimpin Kerajaan Kutai adalah Kudungga.

Tidak sedikit ahli sejarah berpendapat bahwasanya Raja Kudungga merupakan orang Indonesia asli yang memimpin Kerajaan Kutai tanpa terpengaruh oleh budaya India.

Hal ini dibuktikan dengan penggunaan nama Kudungga yang masih terkesan lokal alias asli Indonesia. Dengan kata lain, kemungkinan ketika Kudungga memimpin Kerajaan Kutai, ajaran agama Hindu masih baru masuk kedalam kerajaan atau wilayah Kutai.

Pada mulanya, Kudungga merupakan seorang kepala suku. Ketika Hindu masuk ke Kutai, maka kemudian ia melakukan perubahan terhadap unsur pemerintahannya yakni dengan mengubahnya menjadi sebuah kerajaan dan kemudian menerapkan bahwa pengganti raja akan dilakukan secara turun temurun.

  1. Maharaja Asmawarman

Setelah Kudungga meninggal, kendali Kerajaan Kutai kemudian diambil oleh oleh Aswarman yang terkenal merupakan sosok raja yang cerdas dan juga kuat. Ketika ia menjabat sebagai raja, ia melakukan perluasan kekuasaan sehingga membuat Kerajaan Kutai memiliki wilayah kekuasaan yang sangat luas.

Informasi ini diketahui dari adanya sebuah upacara Asmawarman yang biasanya upacara tersebut dilakukan di dalam upaya untuk memperluas kekuasaan seperti yang telah dilakukan oleh Raja Samudragupta yang berasal dari India.

Upacara tersebut dilakukan dengan cara melepaskan sebuah kuda yang nantinya kuda tersebut akan dijadikan sebagai acuan sampai mana batas kekuasaan yang harus diraih oleh didapatkan oleh Kerajaan Kutai.

  1. Maharaja Mulawarman

Setelah Asmawarman meninggal, ia kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Mulawarman yang mana namanya maupun nama ayahnya sangat kental sekali dengan penggunaan bahasa sansekerta yang mengindikasikan bahwa agama Hindu sudah memberikan pengaruh yang cukup besar pada kerajaan tersebut.

Baca Juga :

Perlu anda ketahui bahwa di bawah kepemimpinan Raja Mulawarman, Kerajaan Kutai terkenal merupakan kerajaan yang disegani dan menjadi salah satu kerajaan terhebat yang ada di Nusantara.

Dan dibawah Raja Mulawarman inilah, Kerajaan Kutai mampu mencapai puncak kejayaannya dimana ia bahkan berhasil menguasai berbagai macam sektor perdagangan yang membuat Kerajaan Kutai sebagai kerajaan yang memiliki harta sangat banyak.

Rakyat pada waktu itu hidung dengan tentram, tenang, dan berkecukupan karena di pimpin oleh Raja Mulawarman.

Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai seperti apa sejarah Kerajaan Kutai. Di bawah ini masih ada beberapa nama raja lain yang juga pernah menjadi raja di kerajaan tersebut.

  • Raja Irwansyah
  • Maharaja Sri Aswawarman
  • Maharaja Marawijaya Warman
  • Maharaja Tungga Warman
  • Maharaja Jayanaga Warman
  • Maharaja Nalasinga Warman
  • Maharaja Nala Parana Tungga
  • Maharaja Gadingga Warman Dewa, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *