Daftar Kerajaan Yang Pernah Berdiri Di Indonesia

Diposting pada

Daftar Kerajaan Yang Pernah Berdiri Di Indonesia – Seperti yang telah sering kita pelajari pada zaman sekolah dulu bahwa sistem pemeritahan Indonesia pada zaman dahulu adalah kerajaan dimana memang ada banyak sekali kerajaan yang bediri di Indonesia, baik kerajaan yang bercorak Hindu, Buddha maupun Islam.

Bahkan, beberapa kerajaan yang ada di Indonesia terkenal sampai ke negara lain karena memiliki cakupan kekuasaan yang sangat luas, seperti misalnya Majapahit.

Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan mengenai daftar kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia dimana beberapa diantaranya merupakan kerajaan yang memiliki pengaruh besar terhadap Indonesia.

  1. Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan yang juga memiliki nama lain sebagai Kerajaan Darussalam ini merupakan sebuah kerajaan islam yang pertama kali berdiri di Indonesia. Kerajaan ini berlokasi di bagian pesisir Pantai Sumatera dan berdiri mulai sekitar abad ke 13 Masehi.

Seseorang yang pertama kali menjadi pemimpin di kerajaan tersebut adalah Sultan Malik Al-Saleh, namun mengalami puncak kejayaan ketika di pimpin oleh Sultan Iskandar Muda yang merupakan seorang raja yang terkenal sangat adil dan sangat memperhatikan rakyatnya.

Dikarenakan Kerajaan Samudera Pasai berlokasi tidak jauh dari pantai, maka tidak heran jika kerajaan tersebut memiliki lokasi yang sangat strategis karena digunakan sebagai jalur perdagangan.

Bahkan, ketika berada di masa kepemimpinan Sultan Malukul Dhahir, kerajaan yang satu ini benar-benar menjadi pusat perdagangan dan mendapatkan pendapatan dan keuntungan yang banyak dari hal tersebut.

Beberapa pedagang yang memanfaatkan jalur perdagangan di Samudera Pasai antara lain Cina, Arab, Afrika, dan bahkan Eropa.

  1. Kerajaan Demak

Jika anda membaca kisah Walisongo, tentu anda akan dibawa kepada penjelasan mengenai Kerajaan Demak. Jika Samudera Pasai merupakan sebuah kerajaan Islam yang pertama kali muncul di Indonesia, maka Kerajaan Demak merupakan kerajaan islam pertama kali yang muncul di Tanah Jawa.

Seseorang yang memiliki andil besar di dalam mendirikan Kerajaan Demak adalah Seorang Kyai besar yang bernama Raden Fatah pada tahun 1478 Masehi.

Beliau memimpin Kerajaan Demak sampai pada sekitar tahun 1518. Sekedar informasi bahwa Raden Patah sendiri bukan hanya terkenal sebagai seorang raja di Kerajaan Demak, beliau juga merupakan seorang kadipaten yang berasal dari Kerajaan Majapahit.

Kerajaan Demak semakin lama semakin maju seiring dengan semakin mundurnya Kerajaan Majapahit sehingga lama kelamaan kerajaan ini sudah menjadi salah satu kerajaan yang berpengaruh yang ada di Pulau Jawa, terlebih lagi memiliki luas kekuasaan yang begitu luas.

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Demak

  1. Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri yang juga memiliki nama lain sebagai Kerajaan Panjalu adalah sebuah kerajaan Hindu yang berlokasi di Pulau Jawa, khususnya berada di Jawa Timur.

Banyak ahli sejarah yang berpendapat bahwasanya usia dari Kerajaan Kediri cukup lama karena sudah ada sejak tahun 1042 sampai dengan sekitar tahun 1222.

Meskipun memang tidak banyak peninggalan yang diperoleh dari Kerajaan Kediri, namun ahli sejarah membuktikan bahwa Kerajaan Kediri merupakan kerajaan yang maju di bidang sastra dimana hal ini dibuktikan dengan ditemukannya karya sastra klasik yang berasal dari Kerajaan Kediri.

Kerajaan Kediri berlokasi di sekitar Kali Berantas yang mana kerajaan ini berdiri berdampingan dengan Kerajaan Sriwijaya yang ada di Sumatera.

Kedua kerajaan ini terkenal karena memiliki pengaruh yang sangat sentral pada dunia perdagangan karena lokasinya yang sama-sama sangat strategis.

Adapun raja yang paling terkenal yang pernah memimpin Kerajaan Kediri adalah Raja Jayabaya yang mana ia bukan hanya terkenal sebagai raja yang perkasa, namun ia terkenal karena kemampuan ramalannya yang cenderung tepat. Raja Jayabaya memimpin Kerajaan Kediri mulai dari 1135 sampai dengan 1179.

  1. Kerajaan Singasari

Bagi anda yang pernah mendengar kisah Ken Arok dan Ken Dedes, tentu sudah tidak asing lagi dengan kerajaan yang satu ini. Kerajaan Singasari merupakan sebuah kerajaan yang berlokasi tidak jauh dari Malang dimana ia merupakan kerajaan yang berdiri dengan corak Hindu-Buddha.

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari sudah ada sejak tahun 1222 sampai dengan 1292. Raja yang paling terkenal adalah Ken Arok yang sebelumnya telah sukses membunuh Tunggul Ametung dengan menggunakan Keris Empu gandring.

Selain itu, Kerajaan Singasari juga sempat terkenal karena pernah menyerang Kerajaan Kediri sehingga terjadinya pertempuran yang dahsyat.

Namun ada beberapa ahli sejarah yang berpendapat bahwa raja yang paling terkenal karena berhasil membawa Kerajaan Singasari menuju puncak kerajaan adalah Raja Kertanegara.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan kepada anda mengenai apa saja daftar kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia. Di bawah ini kami juga akan memberikan beberapa informasi mengenai kerajaan-kerajaan lain yang juga pernah ada di Indonesia, antara lain:

  • Kerajaan Sriwijaya
  • Kerajaan Mataram
  • Kerajaan Kutai
  • Kerajaan Banten
  • Kerajaan Tarumanegara
  • Kerajaan Majapahit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *