Sejarah dan Asal usul Kerajaan Kendan

Diposting pada

Sejarah Kerajaan Kendan –Kali ini kami ingin membagikan informasi kepada anda mengenai segala hal yang berhubungan dengan Kerajaan Kendan yang mungkin banyak dari anda yang sampai saat ini masih belum mendapatkan informasi mengenai kerajaan tersebut.

Perlu anda ketahui bahwasanya Kerajaan Kendan merupakan sebuah kerajaan kecil, dimana jika anda perhatikan bahwa nama “Kendal” merupakan sebuah nama yang diperoleh dari sebuah bukit yang lokasinya tidak jauh dari Stasiun Nagreg dimana bukit tersebut memiliki ketinggian kurang lebih mencapai 500 meter.

Dan di bawa bukit tersebut, anda akan menemukan sebuah desa yang disebut dengan Kendan.

Meskipun sebenarnya Kerajaan Kendan termasuk kerajaan kecil, namun ia termasuk salah satu kerajaan tertua yang ada di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa karena kerajaan ini sudah ada sejak abad ke 5 Masehi yakni tepatnya pada tahun 546 sampai dengan 612 Masehi.

Pada dasarnya, awal mula berdirinya Kerajaan Kendan adalah karena ia ingin merdeka dari kerajaan yang sebelumnya berkuasa pada waktu itu yakni Kerajaan Tarumanegara.

Pemimpin dari Kerajaan Kendan bernama Resiguru Manikmaya yang jika kita lihat silsilahnya, maka beliau berasal dari keturunan Calankayana yang berada di India bagian selatan.

Salah satu misi dari Resiguru adalah untuk menyebarkan ajaran Hindu di Tanah Jawa sehingga tidak heran jika pada waktu itu ajaran agama hindu cukup berkembang dengan pesat di Jawa.

Karena pengabdian dan kesetiaan dari Resiguru, maka kemudian ia dinikahkan oleh puteri dari Raja Tarumanegara yang bernama Tirta Kencana dan kemudian ia diberikan sebuah kekuasaan oleh sang raja yakni sebuah daerah yang bernama Kendan.

Kemudian sang Resiguru dinobatkan sebagai Rajaresi yang berada di wilayah Kendan, dan karena itulah maka kemudian Raja Suryawarman menganugerahkan sebuah perlengkapan kerajaan, salah satunya yakni berupa mahkota raja dan juga mahkota permaisuri.

Sekedar informasi bahwasanya Sang Resiguru merupakan seorang Brahma ulung yang memiliki banyak jasa di dalam menyebarkan ajaran agama Hindu di Pulau Jawa.

Siapapun yang tidak setuju atau berani menolak kehadiran dari Resiguru, maka orang tersebut wajib mendapatkan hukuman yang setimpal dan bahkan sampai dijatuhi hukuman mati.

Sejarah Kerajaan Kendan

Pada waktu itu, Kerajaan Tarumanegara masih di pimpin oleh seseorang yang bernama Candarawarman dimana ia memimpin mulai dari tahun 515 sampai dengan 535 Masehi.

Karena pada masa pemerintahannya Gunung Krakatau meletus dan kemudian disusul dengan terjangan tsunami, hal ini memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kestabilan sistem pemerintahan yang ada di Kerajaan Kendan.

Lalu, kebijakan untuk memimpin Kerajaan Kendan dilanjutkan oleh Suryawarman dimana ia memimpin Kerajaan Kendan mulai dari 535 sampai dengan 561 Masehi.

Beberapa kebijakan dari Suryawarman adalah ia memberikan kebebasan kepada para raja dearah untuk melakukan atau mengontrol sistem pemerintahannya sendiri tanpa haru ada campur tangan dari pihak lain.

Namun perkembangan dan kendala apapun tetap harus dilaporkan kepada sang raja.

Selain itu, Suryawarman lebih berfokus untuk memperluas kekuasaannya ke daerah Jawa Timur, dan hal inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Kerajaan Kendan karena menantu dari Raja Suryawarman mendirikan sebuah kerajaan yang berlokasi di Garut, yakni tepatnya berada di antara Nagreg dan Bandung yang mana kerajaan itulah yang dinamakan sebagai k Kerajaan Kendan. 

Baca Juga :

Raja Yang Pernah Memimpin Kerajaan Kendan

Di bawah ini merupakan nama-nama dari raja yang pernah memimpin Kerajaan Kendan dari masa ke masa.

  • Raja Maha Guru Manikmaya, ia merupakan seorang yang berjasa dalam menyebarkan ajaran agama Hindu di Pulau Jawa. Ia memimpin Kerajaan Kendan mulai 536 sampai dengan 568 Masehi. Selama masa pemerintahannya, banyak masyarakat yang menganut ajaran agama Hindu dan menjadi agama mayoritas pada waktu itu.
  • Raja Putra Suraliman, ia memimpin Kerajaan Kendan mulai tahun 568 sampai dengan 579 Masehi. Meskipun masa pemerintahannya tergolong singkat, namun ia telah banyak memberikan kemajuan kepada para masyarakat atau rakyat Kerajaan Kendan, dimana mereka menjadi hidup sejahtera karena memang raja ini terkenal adil.
  • Raja Kandiawan, ia menjadi raja mulai tahun 597 sampai dengan 612 Masehi. Salah satu kebijakan dari Kandiawan adalah ialah yang telah memindahkan pusat pemerintahan Kerajaan Kendan yang semula berada di Citaman Nagreg, kemudian ia pindahkan ke Medang Jati yang saat ini berlokasi di Cangkuang Garut.
  • Raja Wretikandayun, ia merupakan seorang raja yang memimpin Kerajaan Kendan mulai tahun 612 sampai dengan 702 Masehi. Salah satu kebijakan dari Raja Wretikandayun sama-sama telah memindahkan pusat kekusaan dari kerajaan tersebut menuju Karang Kamulyaan yang berada di Kabupaten Ciamis.

Demikian penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai sejarah Kerajaan Galuh. Semoga informasi bermanfaat bagi anda semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *